Rabu, 27 Agustus 2014

Tari Topeng Indramayu

Tari Topeng Indramayu


Tari topeng ini adalah suatu tarian dari daerah parahyangan. Kesenian tari topeng ini merupakan khas dari Indramayu, orang yang pertama kali mengembangkan tari topeng ini berasal dari Desa Sliyeg-Indramayu. Yang usianya sudah tidak muda lagi, tapi beliau masih semangat melestraikan budaya Indramayu, salah satunya tari topeng ini.
Kalian tau kenapa tarian ini dinamakan tari topeng ?. Yups betul banget karena penrinya menggunakan topeng, topeng-toprng untuk menaripun banak sekali ragamnya, dan mengalami perkembangan dan hal geraknya, cerita maupun yang ingin disampaikan. Biasanya tari topeng ini ditampilkan dalam bentuk solo maupun kelompok.
Menurut guru tariku waktu aku SMP tari topeng ini mempunyai nilai mistik yang luar biasa, karena jika seseorang menari topeng itu secara tidak langsung tubuh kita tidak sadarkan diri, kita tidak tau kalau yang menari itu bukan kita, jadi seolah-olah alam bawa sadar kita sedang dibawa oleh sipemilik topeng ini. Dan hal satu jika kita akan menggunakan topeng untuk menari ini. Sehari sebelum kita ingin menari danmenggunakan topeng ini kita diwajibkan untuk berpuasa. Kenapa itu ? karena supaya tidak terjadi apa-apa saat kita menari dan tarian yang kita tampilkan maksimal.


Oke temen-temen, makanan dan budayaku sudah nah sekarang ada objek wisata yang kalain harus ketahui.Di daerahku itu Indramayu ada satu pulau namanya Pulau Biawak, walaupun aku pribadi belum pernah kesana tapi setidaknya aku mengetahui ada objek wisata menarik di daerahku. Cekkidot.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar